Minggu, Januari 04, 2009

Jembatan Dondang Kebanggaan Muara Jawa


Jembatan Dondang adalah jembatan yang terletak di sungai dondang menghubungkanKelurahn Muara Jawa Ulu Sebagai ibu kota Kecamatan Muara Jawa dengan Kelurahan Dondang kecamatam Muara Jawa, merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan Timur dengan bentangan mencapai 840 meter.
Jembatan ini digunakan sebagai jalan alternatip memecah konsentrasi arus lalu lintas Kecamatan yaitu Kecamatan Muara Jawa dengan Kecamatan Sanga-sanga dengan waktu tempuh sekitar setengah jam sehingga sangat memudahkan masyarakat Kecamatan Muara Jawa menuju ibu kota Propinsi kalimantan Timur yaitu di Samarinda, selama ini jalan satu-satunya penghubung antara kota Samarinda kekota Balikpapan adalah melalui jalan Loa Janan/Bukit Soeharto/KM 38 dan Kota Balikpapan.
Jembatan ini akan memperpendek jarak tempuh antara kota Samarinda dengan Kota Balikpapan. Sedangkan akses Jalan sekitar 8 km yang ada dikecamatan Sanga-sanga menuju Jembatan Dondang kini belum di aspal segera dan secepatnya dilakukan pengaspalan sehingga mempermudah pengguna jalan.
Pembangunan Jembatan Dondang menghabiskan dana sebesar Rp 140 Miliar, dengan panjang 840 meter dan tinggi 12 meter. Jembatan Dondang adlah jalan alternatif dari kota Samarinda - Muara Jawa - kota Balikpapandengan jarak lebih pendek sekitar 90 km ketimbang jalan yang digunakan selama ini mencapai 115 km.

1 komentar: