Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, Desember 25, 2008

Profil Muara Jawa













Kecamatan Muara Jawa adalah sebuah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, masuknya Kecamatan Muara Jawa ke Kabupaten Kutai Kartanegara terhitung sejak tahun 1988 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 1987. Secara Giografis Kecamatan Muara Jawa terletak pada koordinat 50 Lintang Selatan atau pada 117 drajat sampai 118 drajat letak bujur Timur. Memanjang dari Utara ke Selatan pada Kiri Sungai Mahakam yang bermuara pada Selat Makasar dan melebar kurang lebih 20 KM kedaratan sebelah Barat dengan batas-batas sebagai berikut :
  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sanga-sanga,
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Samboja,
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Anggana dan Selat Makasar
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Janan.

Luas wilayah Kecamatan Muara Jawa 754,50 km2, dengan jumlah penduduk 28.359 jiwa (2008). Kecamantan Muara Jawa terbagi dalam 7 kelurahan yaitu :


1. Muara Jawa Ilir (Luas Wilayah 23,79 Km2)
2. Muara Jawa Tengah (Luas Wilayah 62,45 Km2)
3. Muara Jawa Ulu (Luas Wilayah 29,09 Km2)
4. Dondang (Luas Wilayah 10,71 Km2)
5. Tama Pole (Luas Wilayah 8,03 Km2)
6. Muara Kembang (Luas Wilayah 26,90 Km2)
7. Teluk Dalam (Luas Wilayah 356,88 Km2)

Pada tahun 2008 Kelurahan Muara Jawa Ulu di mekarkan Menjadi 2 (dua) Kelurahan Yaitu Kelurahan Muara Jawa Ulu dan Kelurahan Muara Jawa Pesisir, sehingga Kecamatan Muara Jawa Menjadi 8 Delapan) Kelurahan yaitu :

  1. Muara Jawa Ilir (Luas Wilayah 23,79 Km2)
  2. Muara Jawa Tengah (Luas Wilayah 62,45 Km2)
  3. Muara Jawa Ulu (Luas Wilayah 17,65 Km2)
  4. Dondang (Luas Wilayah 10,71 Km2)
  5. Tama Pole (Luas Wilayah 8,03 Km2)
  6. Muara Kembang (Luas Wilayah 26,90 Km2)
  7. Teluk Dalam (Luas Wilayah 356,88 Km2)
  8. Muara Jawa Pesisir, (Luas Wilayah 12,09 Km2)


Kecamatan Muara Jawa juga merupakan salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam. Disamping memiliki deposit BatuBara yang melimpah, Kecamatan Muara Jawa Juga merupakan penghasil Minyak Bumi dan Gas Alam ( Migas ) yang sangat penting bagi Kutai Kartanegara.Dua perusahaan Multinasional yang masih
Mengekploitasi cadangan Migas Di Kecamatan Muara Jawa adalah Total E & P Indonesie dan VICO Indonesia. Meski daerah ini Kaya akan sumber daya alam, Perekonomian masyarakatnya masih bertumpu pada sektor Pertanian, Perkebanan dan Perikanan.


RELIEF WILAYAH

  1. Bagian Utara merupakan dataran tinggi pada bagian baratny

    a dan dataran rendah pada bagian timurnya serta berawa-rawa.
  2. Dibagian Selatan merupakan dataran tinggi serta berbukit pada bagian baratnya.
  3. Bagian Timurnya merupakan dataran rendah serta berawa-rawa dan sebagian merupakan darerah perkebunan kelapa dan perkebunan rakyat lainnya.
  4. Bagian Barat merupakan dataran tinggi serta berbukit-bukit dengan ketinggian 20 meter sampai 80 meter.

IKLIM

Pada umunya Kecamatan Muara Jawa masih dipengaruhi iklim laut tropis basah dengan ciri-ciri khas nya yaitu curah hujan cukup tinggi dan penyebarannya tidak merata sepanjang tahun sehingga tidak ada pergantian musim yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau
Udaranya cukup basah karena pengruh iklim laut tropis sebab dekat dengan pantai laut selatan makassar

PENGGUNAAN TANAH

Perincian penggunaan tanah di Kecamatan Muara Jawa adalah sebagai berikut
  1. Hutan Produktif termasuk tanah yang areal yang digunakan untuk pengeboran minyak, gas dan tambang batubara olek perusahaan........................
  2. Hutan non produktif.........18,15 Ha
  3. Lahan kritis.........................6,06 Ha
  4. Hutan lindung.....................3,12 Ha
  5. Padang Rumput..................1,33 Ha
  6. Rawa dan sungai.................1,26 Ha
  7. Ladang..................................1,17 Ha
  8. Sawah....................................0,28 Ha
  9. Pemukiman..........................0,10 Ha
  10. Lain - lain............................10,65 Ha
KEADAAN TANAH

Jenis tanah yang terdapat di Kecamatan Muara Jawa antara lain :
  1. Pada dataran tinggi dan berbukit-bukit dengan kemiringan sedang tanahnya mengandung organosal dan podselex merah kuning yang merupakan endapan dan batuan beku (Alluvial) bercampur dengan pasir kwarsa, terutama yang terdapat pada hutan negara dan daerah perkebunan rakyat tanaman keras dan daerah perladangan.
  2. Pada dataran rendah sepanjang pesisir pantai, tanahnya mengandung Alluvial atau sejenis tanah yang mengandung lumpur dan banyak di tumbuhi pohon nipah dan pohon bakau terutama di sepanjang Sungai mahakam sampai ke Muara Selat Makasar, sedangkan dibagian barat daerah dataran rendah ini merupakan daerah perkebunan kelapa, kopi dan lain-lain.
SUNGAI DAN KEGUNAANNYA

Sungai yang terpenting di Kecamatan ini adalah Mahakam yang bermuara pada elat makasar. Umumnya sungai-sungai di daerah ini selain dipergunakan sebagai lalu lintas angkutan barang dan penumpang juga di gunakan untuk mengangkut hasil perkebunan, dan hasil hutan lainnya, seperti buah kelapa yang banyak terdapat di daerah ini yang di jual ke Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan kota lainnya yang terdekat.
Sungai mahakam ini melintas 6 (enam) Kelurahan yaitu Kelurahan Muara Kembang, Kelurahan Tama Pole, Kelurahan Dondang Kelurahan Muara Jawa Ulu, Kelurahan Muara Jawa Pesisir dan Kelurahan Muara Jawa Tengah. Sungai lainnya adalah sungai tiram, sungai bambangan dan sungai galendrong. Sungai bambangan dan sungai tiram melintasi Kelurahan Teluk Dalam dan Kelurahan Dondang, sungai ini bermuara ke sungai mahakam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar